Sabtu, 22 Desember 2012

Melihat Ulang 04: 5 cm (2012)

   Satu lagi film Indonesia yang mengadaptasi sebuah novel laris, 5 cm. Novelnya sudah lebih dulu laris. Disutradarai oleh Rizal Mantovani, film 5 cm diisi oleh jajaran aktor dan aktris terkenal. Belum lagi ditambah penampilan perdana Igor 'Saykoji' dan pebasket Denny Sumargo di sebuah film layar lebar. 5 cm merupakan film Indonesia yang paling diantisipasi di akhir tahun ini. Apalagi rilis filmnya di tanggal cantik, yaitu 12-12-2012.
   5 cm menceritakan tentang 5 sahabat yang selalu bersama. 5 sahabat ini adalah Zafran, Genta, Riani, Arial, dan Ian. Mereka punya ciri khas dan keunikkan masing-masing. Seperti Zafran, orang yang sangat menyukai seni, khususnya puisi dan terobsesi dengan Dinda, adik dari Arial. Lalu ada Ian yang tidak bisa lepas dari menyantap mie instan. Saking akrabnya mereka, mereka selalu melewatkan akhir pekan bersama-sama.
   Sampai pada suatu saat di akhir pekan yang biasa mereka lalui bersama, Genta merasa bosan dengan kehidupan monoton yang mereka jalani. Ternyata tidak hanya Genta saja yang merasa begitu, yang lainnya juga merasakan hal yang sama. Maka mereka memutuskan untuk tidak bertemu dan berkomunikasi dalam bentuk apapun selama 3 bulan. Namun, Genta mempunyai rencana yang matang namun masih rahasia untuk merayakan pertemuan mereka kembali di tanggal 14 Agustus nanti.
   3 bulan mereka lalui dengan berbagai kegiatan yang sebelumnya tidak bisa mereka lakukan selama mereka  bersama. Lalu, tiba di mana Genta mengabari keempat sahabatnya yang lain rencana perayaan pertemuan mereka kembali. Mereka berlima berkumpul kembali (ditambah dengan Dinda) di Stasiun Senen dan berangkat menuju Malang.
   Tujuan utama mereka adalah Mahameru, sebuah gunung dengan puncak tertinggi di Jawa. Mereka mengejar mimpi bersama dengan simbol mendaki gunung Mahameru dan berusaha membuat mimpi mereka hanya berjarak 5 cm dari kening. Sebuah pengalaman yang tidak akan mereka lupakan seumur hidup dan mengubah hidup mereka ke depannya.
   5 cm, sebuah film dengan tema persahabatan. Sebenarnya sudah umum tema persahabatan yang diangkat dari novel difilmkan. Terasa spesial karena film ini diadaptasi dari sebuah novel best seller Indonesia, disutradarai oleh Rizal Mantovani, dibintangi oleh aktor-aktris muda terkenal, dan pemandangan wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur serta puncak gunung Mahameru yang sangat indah.
   Semua aktor-aktris utamanya memainkan perannya dengan cukup baik. Denny Sumargo yang baru pertama kali bermain di film layar lebarpun tidak terlalu kaku dalam memainkan perannya sebagai Arial. Kredit khusus gw kasih buat Herjunot 'Junot' Ali dan Igor 'Saykoji'. Kedua dari mereka memerankan peran mereka masing-masing (Junot sebagai Zafran dan Igor sebagai Ian) dengan sangat baik. Humor yang mereka sampaikan cukup membuat gw tertawa lepas. Hanya, Pevita Pearce sebagai Dinda yang gw rasa kurang penampilannya.
   Gw sebagai penikmat filmnya saja, ga ngebaca novelnya, ngerasa beruntung karena di akhir perjalanan mereka tersimpan kejutan yang ga gw sangka. Satu hal yang ga mungkin dirasain penonton yang juga membaca novelnya lebih dulu. Dan film ini ngebuat gw semakin tertarik dengan kegiatan-kegiatan dengan "mengakrabkan diri" dengan alam kayak mendaki gunung. Lebih lanjut lagi, Raline Shah mencuri perhatian gw banget.
   Orang Indonesia yang hobi mencela kebanyakan film-film Indonesia yang ga berbobot tapi kenyataannya ga nonton film-film Indonesia yang berkualitas juga harus nonton film ini. Apalagi di film ini tersimpan nilai-nilai nasionalisme.

My Rating: 7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar