Selasa, 18 Desember 2012

Melihat Ulang 02: Big Fish (2003)

   William Bloom adalah seorang pemuda yang mempunyai ayah dengan imajinasi dan kemampuan bercerita tinggi yang bernama Edward Bloom. Selama ini William selalu disuguhkan kisah hidup ayahnya yang menurutnya tidak mungkin terjadi.
   Sampai pada akhirnya, di saat pesta pernikahan Will dengan Josephine, Edward masih menceritakan cerita yang sama kepada tamu undangan, yaitu cerita di mana Edward muda menangkap "the uncatchable fish" dengan menggunakan cincin pernikahannya di hari Will lahir. Will akhirnya muak dengan kisah ayahnya dan akhirnya Will tidak pernah berbicara lagi dengan ayahnya selama 3 tahun.
   Ketika mendapati kabar dari ibunya bahwa ayahnya sedang sekarat, Will bersama istrinya yang sedang mengandung, Josephine, berangkat ke rumah orang tuanya tersebut. Di kesempatan yang ada, Will mencoba memperbaiki hubungan dengan ayahnya dan berusaha untuk menemukan kebenaran dibalik kehidupan ayahnya yang diceritakan secara ajaib.
   Will-pun dihadapi dengan cerita-cerita ajaib yang diceritakan oleh ayahnya dulu. Cerita seperti saat Edward kecil bertemu dan melihat cara kematiannya di mata seorang penyihir wanita. Lalu, ada cerita di mana Edward berhadapan dengan raksasa. Lalu, yang lebih menakjubkan lagi yaitu kisah awal Edward dengan Sandra, istrinya kelak, yang berawal dari pandangan pertama di sebuah sirkus.
   Namun, apakah semua kisah yang menakjubkan itu benar dan bisa diterima Will? Akankah hubungan Will dan ayahnya Edward kembali membaik? Akankah Edward mengakhiri hidupnya seperti yang dia lihat di mata si penyihir?
   Big Fish, sebuah film dari Tim Burton, berisi cerita yang sulit dipercaya tidak hanya oleh Will, bahkan gw sendiri. Di awal film ini, Will menganggap bahwa dia tidak mempunyai kemiripan apapun dengan ayahnya. Lalu mereka juga jarang berinteraksi satu sama lain seiring dengan semakin dewasanya Will. Dari film ini gw pelajaran kalo momen-momen dengan orang tua itu sangat berharga, dan kadang kita ga sadar akan itu sampai saatnya di mana orang tua kita meninggalkan kita selamanya.
   Ewan McGregor yang berperan sebagai Edward muda cukup baik dalam memainkan perannya (dengan aksen Alabama yang cukup kental), namun pendapat gw sendiri aktingnya masih kurang spesial. Gw lebih tertarik dengan peran Edward tua yang diperankan oleh Albert Finney dengan cukup meyakinkan.
   Menurut gw sendiri, ceritanya familiar dengan Forrest Gump dan film yang baru-baru ini rilis, yaitu Life of Pi. Khusus untuk Forrest Gump, film ini juga mempunyai tokoh utama yang berasal dari Alabama. Jadi, gw ngerekomendasiin film ini ke lo yang suka sama Forrest Gump dan Life of Pi.

My Rating: 7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar