Rabu, 02 Januari 2013

Melihat Ulang 06: My Neighbor Totoro (1988)

   My Neighbor Totoro menceritakan tentang sebuah keluarga yang baru pindah ke desa yang bernama Matsugo. Keluarga ini bernama Kusakabe. Bapak Kusakabe mempunyai dua orang anak perempuan yang bernama Satsuki dan Mei, yang merupakan adik dari Satsuki. Kepindahan mereka ini dikarenakan ingin dekat dengan rumah sakit di mana Ibu dari Satsuki dan Mei dirawat.
   Di desa Matsugo, mereka menempati sebuah rumah yang sudah sangat tua. Seorang anak laki-laki dari tetangga baru mereka, Kanta, mengatakan kepada Satsuki bahwa rumah yang mereka tempati sekarang itu berhantu. Hal ini membuat Satsuki sebal.
    Pada suatu hari, di saat Ayah mereka sibuk bekerja dan Satsuki sedang pergi sekolah, Mei menemukan sebuah makhluk putih kecil yang mirip dengan berang-berang/kelinci. Mei mengejar makhluk ini hingga dia masuk ke sebuah lubang yang terletak di bawah pohon besar. Masuk ke dalam lubang, Mei menemukan sebuah versi besar dari makhluk tersebut yang bernama Totoro. 
   Totoro menjadi teman dan "tetangga" yang baik dan penuh kejutan bagi Mei dan juga Satsuki. Maka dimulailah pertemanan mereka yang hanya bisa terjadi dengan sebuah hati yang polos dan baik.
   Film Animasi Jepang ini aslinya berjudul Tonari no Totoro. Film animasi ini merupakan film animasi produksi Studio Ghibli yang namanya sudah terkenal di Jepang, bahkan beberapa animator di Amerika sendiri mengakui kualitas film yang dihasilkan studio ini. Seperti John Lasseter, orang dibalik kesuksesan trilogi Toy Story.
   Dengan tema persahabatan dan kekeluargaan, My Neighbor Totoro menyajikan cerita yang sederhana tapi menyentuh. Animasi yang masih sederhana (karena rilisnya di akhir dekade '80-an), ga seperti zaman sekarang, ga mengurangi kualitas yang mumpuni dalam film ini.
   Film ini menyajikan kasih sayang yang hangat antara teman dan keluarga. Hal ini dibuktikan dalam salah satu scene di mana Mei memetik sebuah jagung, dan hanya akan memberikan jagung tersebut kepada Ibunya. Keakraban antara Mei dan Satsuki juga menjadi kekuatan dari film animasi ini.
   Gw sebenernya masih awam dengan film-film animasi rilisan Studio Ghibli, gw baru nonton dua film produksi studio ini, Spirited Away dan film ini. Tapi gw suka dengan My Neighbor Totoro ini. Film animasi yang bagus ga berarti harus menyajikan teknologi yang canggih aja, tapi cerita dan pesan yang disampaikan juga penting untuk nyiptain sebuah film animasi yang berkualitas.

My Rating: 7.5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar