Sabtu, 05 Januari 2013

Melihat Ulang 07: Predators (2010)

    Predators mengisahkan tentang seorang tentara bayaran yang terbangun dan menemukan dirinya terjun dari langit. Menggunakan parasut yang ada, dia mendarat di sebuah hutan yang asing. Namun, bukan hanya dia ternyata yang mengalami kejadian yang sama dengannya dan mendarat di hutan.
   Ada seorang pengedar narkoba, seorang wanita yang merupakan sniper, tentara dari Russia, seorang Yakuza, seorang buronan yang paling dicari FBI, pejuang revolusioner dari Sierra Leone, dan dokter. Semua mempunyai latar belakang yang sama, kecuali si dokter. Mereka semua bekerja sama untuk dapat keluar dari hutan tersebut.
   Setelah mereka bisa keluar dari hutan itu, mereka menemukan fakta bahwa mereka tidak sedang berada di bumi. Mereka berada di planet asing. Mereka kemudian berjelajah dan mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi. Kemudian mereka bertemu dan diserang oleh sekumpulan makhluk aneh yang buas dan menyeramakan.
   Lalu mereka sadar bahwa mereka adalah orang-orang yang 'terpilih'. Mereka sedang diburu oleh 'predator' yang lebih besar, kuat, dan berteknologi tinggi. Maka mereka mencoba bertahan hidup dan mencari cara untuk dapat keluar dari planet ini.
   Predators merupakan seri ke-5 dari franchise Predator. Walaupun begitu, film ini bukan merupakan sekuel dari film-film yang sudah ada sebelumnya. Film ini mungkin merupakan sebuah film remake (atau mungkin prekuel?). Gw sendiri baru nonton seri Predator di film ini.
   Mungkin konsep film ini lumayan bagus, di mana mereka 'terpilih' karena mereka merupakan 'predator' yang ada di bumi. Jadi, arti dari Predators di film ini ada dua. Yang pertama buat nyimbloin makhluk asing yang ada di planet tersebut, dan yang kedua buat para manusianya sendiri.
   Tapi gw rasa ada beberapa plot holes di film ini. Diantaranya, gimana proses Predators ini mengirim para manusia ke planet mereka sendiri kurang dijelasin. Kenapa mereka bisa terjun dari langit dan disediain parasut. Darimana parasut itu bisa muncul? Lalu persatuan diantara mereka kuat dengan sendirinya tanpa ada penyebab. Beberapa diantara mereka rela mati agar yang lain bisa selamat. Kalau mereka memang dianggap 'predator', kenapa rela mengorbakan nyawanya? Plot holes yang ada di film ini mungkin sengaja dibuat supaya nanti bisa dibikin film lanjutannya.
   Terus karakter yang diperanin Laurence Fishburne yang mereka temui di tengah-tengah film kurang kuat. Seperti nyia-nyiain aktor sekelas Fishburne. Tokoh yang diperanin oleh Adrien Brody (si tentara bayaran) juga bisa dibilang 'labil'. Awalnya dia ingin berjuang sendiri, namun di lain kesempatan butuh pertolongan yang lain. Tapi di beberapa scene selanjutnya dia tidak memikirkan yang lain lagi.
   Gw kurang suka dengan alur ceritanya yang terlalu cepet menurut gw. Tapi gw cukup suka dengan tampilan Predators yang ada, gw pikir cukup keren. Film ini jelas bukan film science fiction favorit gw, tapi gw rekomendasiin buat kalian yang emang ngefans dengan seri film Alien ataupun Predator.

My Rating: 5.5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar